Hobi Masa Muda

Hobi membaca itu sebenarnya cukup menyesakan. Membaca buku itu buang banyak waktu. Tidak ada jaminan juga kalau saya banyak baca akan ada pengaruh yang besar untuk hidup saya. Sejauh saya hidup, saya belum merasakan efek dari banyak membaca. Memang bolehlah dikata bahwasanya saya lumayan tahu banyak hal karena hobi saya ini.

Dibanding dengan teman sepermainan, pengetahuan akan budaya massa dan sastra saya lebih baik. Ini mungkin juga saya yang sok paling tahu atau saya salah berteman.

Namun selebihnya, saya tidak mendapat efek apa-apa dari banyak membaca selain kepuasan diri saja. Membaca membawa saya menuju sebuah realitas yang baru. Sebuah eskapisme dari realitas yang saya jalani. Karena juga pada dasarnya saya menyukai kata-kata, itu menjadi dorongan terbesar saya untuk terus membunuh waktu dengan membaca.

Tidak selamanya membaca itu menyenangkan. Sekali duakali saya menemukan buku yang tidak saya selesaikan. Mungkin sinopsisnya menarik untuk dibaca tapi ternyata isinya mengecewakan bagi saya. Saat membaca buku yang seperti itu, saya lebih sering istirahat untuk membaca dan melamun untuk waktu yang lama sambil memegang buku yang saya baca.

Hingga saat ini, tulisan saya nyaris rendah sekali mutunya. Banyak baca katanya akan meningkatkan mutu menulis kita. Tapi nyatanya tulisan saya masih serupa dengan pengeran si buruk rupa dari dongeng la belle et la bête. Atau mungkin saja bacaan saya kurang banyak dan kurang luas(ini kemungkinan paling besar tentunya).

Saya sepertinya juga harus mendisiplinkan diri sendiri. Saya harus membuat sedikit catatan membaca. Ini dikarenakan sebagian besar buku yang saya baca, saya lupa beberapa bagiannya. Bahkan saya lupa bagian mana dari buku-buku itu yang saya suka.

Saya pernah membaca sebuah esai dari Aan Mansyur tentang tidak enaknya punya hobi membaca buku (yang saya lagi-lagi lupa beberapa alasannya). Saya rasa hal tersebut cukup relevan dengan keadaan saya.

Seringkali saya menimbang-nimbang dan berimaji, ketika tua nanti, apakah saya akan menyesali hobi masa muda saya ini?

Tinggalkan Balasan

